Ulasan 1 : What is a Kernel?

Pada kesempatan kali ini, Saya akan membahas video yang berjudul What is a Kernel? yang dipublish oleh Android Authority dengan durasi 9 menit 49 detik. Video ini telah dilihat sebanyak 137,741 kali (terhitung hingga 20 Mei 2017). Tautan menuju video tersebut adalah https://youtu.be/mycVSMyShk8. 

Video ini membahas mengenai kernel, apa itu kernel dan bagaimana cara bekerjanya? Gary Sims dari Android memaparkan bahwa komputer sebenarnya adalah sesuatu yang bodoh. Dimana komputer tersebut perlu perintah untuk melakukan suatu proses. Dan dari proses tersebut, terdapat inti yang menggerakkan komputer, yaitu kernel. Kernel adalah cpu resources yang menggerakan segala macam perintah komputer yang dijalankan didalam CPU. Jika sebuah aplikasi membutuhkan memori, maka kernel akan mengalokasikan memori untuk aplikasi tersebut. Jika sebuah aplikasi ingin membuat sebuah network, maka akan melalui kernel. Jika sebuah aplikasi ingin melakukan background service, maka akan dihandle oleh kernel. Kernel adalah pusat dari segala hal yang terjadi pada perangkat elektronik Kita (dalam hal ini adalah smartphone). Ada dua jenis kernel yaitu Monolithic Kernel dan Microkernel. 

Kesimpulan dari video ini, yaitu, kernel adalah level paling dasar dalam operating system. Kernel bertanggung jawab terhadap CPU resources, memory resources, file systems, dan lain sebagainya. Kernel adalah software dasar yang menggerakan hardware. Android sendiri menggunakan Linux Kernel yang termasuk open source. Gary Sims menjelaskan bahwa Kita dapat mengunduh dan membuat kustomisasi terhadap kernel tersebut. Kustomisasi kernel tersebut dapat disesuaikan dengan keinginan kita, asalakan Kita dapat meng-unlock bootloader sehingga dapat melakukan kustomisasi terhadap kernel yang ada di smartphone Kita.

Video ini sangat menarik untuk ditonton. Gary Sims selaku pembicara dalam video ini memaparkan Kernel dengan sangat jelas sehingga orang yang melihat video ini dapat mengetahui apa yang ia sampaikan mengenai Kernel. 

GITHUB Account: fajarbardan
URL Ulasan: http://fajarbardan-os.blogspot.com/2017/05/ulasan-1.html
URL Video: https://youtu.be/mycVSMyShk8
Video Author: Android Authority
Pemetaan: week04
Revisi Pertama: 20 Mei 2017
Revisi Terakhir: 20 Mei 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan 2 : Copyright Basics

RANKING03